Organisasi

PENDIRIAN

Pada Tahun Akademik 2001/2002 Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret membuka Program Studi Magister Ilmu Komunikasi. Pembukaan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi didasarkan pada Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No. 22/Dikti/Kep./2001 tanggal 18 Januari 2001 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Satryo Soemanti Brodjonegoro, dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:

  1. Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga handal yang berkualifikasi Magister (tingkat Sarjana Strata 2) di bidang Ilmu Komunikasi, misalnya menjadi tenaga pengajar, peneliti dan praktisi di bidang komunikasi (baik institusi negeri maupun swasta); yang hal ini mencakup antara lain perguruan tinggi, lembaga-lembaga penelitian, industri media, lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta berbagai perusahaan yang memiliki bagian Humas, promosi, periklanan, dan marketing.
  2. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bahwa Universitas Sebelas Maret telah memenuhi persyaratan untuk menyelenggarakan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi.

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta sejak didirikan memiliki dua minat utama (konsentrasi) yaitu Minat Utama Riset dan Pengembangan Teori Komunikasi (dengan sub konsentrasi Komunikasi Massa dan Komunikasi Budaya), dan Minat Utama Manajemen Komunikasi (dengan sub konsentrasi Komunikasi Promosi dan Pemasaran) dengan gelar Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom)

PERKEMBANGAN

Oleh karena Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta merupakan wujud dari eksistensi kemandirian maka perkembangan ke depan akan didasakan pada :

  1. Kurikulum yang senatiasa ditinjau ulang dan/atau dikembangkan secara periodik (paling lama lima tahun sekali). Simposium kurikulum meninjau ulang kurikulum yang berlaku sejak berdiri pada tahun 2001 dilaksanakan tahun 2003 (lihat lampiran).
  2. Tenaga dosen yang telah begelar doktor dan atau profesor yang memiliki reputasi nasional maupun internasional, baik dari Universitas Sebelas Maret sendiri maupun dari luar, terutama dari Universitas Indonesia (UI) Jakarta.
  3. Layanan yang memadai demi jaminan mutu maupun untuk memenangkan kompetisi. Layanan yang dimaksud di sini meliputi layanan administrasi, layanan berkenaan dengan penyelenggaraan perkuliahan, dan layanan pasca kelulusan terutama informasi lapangan kerja dan jaringan informasi alumni.

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret terdiri atas:

  1. Pimpinan Program Pascasarjana
  2. Badan Pembina
  3. Pelaksana akademik: Program Studi Magister dan Program Studi Doktor.
  4. Pelaksana Administrasi: Sub Bagian Tata Usaha
  5. Unsur Pendukung: Unit Perpustakaan, Unit Komputer, Unit Laboratorium dan Unit-unit lainnya.

Pimpinan Program Pascasarjana terdiri dari Direktur, Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Wadir I), dan Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan (Wadir II).

  • Direktur mempunyai tugas mengkoordinasikan semua Program Studi Pascasarjana untuk menjamin baku mutu pendidikan. Dalam pelaksanaannya tugas, Direktur bertanggungjawab langsung kepada Rektor.
  • Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan bertugas membantu Direktur dalam mengkoordinasikan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan, peneltiian dan pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan mempunyai tugas membantu Direktur dalam mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan di bidang administrasi umum dan pengeloaan keuangan.

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta dipimpin oleh seorang Kepala Program Studi . Pimpinan Program Studi melakukan tugas pokok Program Pascasarjana yaitu mengkoordinasikan pelaksanaan pendidikan, pembinaan dan pengembangan akademik dan pelayanan administrasi program studi untuk menjamin baku mutu pendidikan.

Saat ini Kepala Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta dijabat oleh  Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D